Pages

Selasa, 21 Desember 2010

kecerdasan yang membuat kemampuan kamu berkembang

Kecerdasan ialah istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan sifat pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan, seperti kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa, dan belajar. Kecerdasan erat kaitannya dengan kemampuan kognitif yang dimiliki oleh individu. Kecerdasan dapat diukur dengan menggunakan alat psikometri yang biasa disebut sebagai tes IQ.

Kecerdasan seringkali dipahami semata sebagai kemampuan berpikir, padahal kecerdasan bukan melulu masalah berpikir. Saya sendiri lebih suka mendefinisikan kecerdasan sebagai kemampuan seseorang untuk survive dalam kehidupan pribadinya. Dengan demikian, ada banyak hal yang berkaitan dengan kecerdasan dan bukan semata kemampuan berpikir. Indikasi dari hal tersebut setidaknya tampak pada begitu banyak ditemukan jenis kecerdasan baru.Salah satu teoritisi yang melihat bahwa kecerdasan manusia bukan tunggal melainkan jamak, adalah Howard Gardner. Ia menemukan bahwa ada setidaknya 9 kecerdasan penting yang memengaruhi bagaimana seseorang survive di kehidupannya.
Namun bukan berarti kecerdasan manusia hanya 9. Ada banyak kecerdasan lain di luar 9 kecerdasan Gardner tersebut, hanya saja kesembilan kecerdasan yang diidentifikasi Gardner inilah yang memiliki signifikansi tinggi dalam keseharian. Namun sebelum Kita mau bicara jauh tentang kecerdasan, apa dan bagaimana kecerdasan itu? Kecerdasan terutama akan berkaitan dengan potensi, performance
dan effort.
Potensi adalah kecerdasan yang sifatnya bawaan. Genetik atau ‘dari sononya’. Bayi yang belum bisa bicara apa-apa tapi mampu membedakan mana lagu sedih dan lagu riang, itu berarti ia memiliki kecerdasan yang sifatnya bawaan. Sifatnya Gifted. Sudah terberikan ke dalam dirinya dari alam. Saat ini pengukuran kecerdasan yang sifatnya bawaan juga sudah berkembang, salah satunya dengan cara mengidentifikasi fingerprint. Menurut penelitian, fingerprint memiliki hubungan dengan pembentukan syaraf-syaraf di otak.

0 komentar:

Posting Komentar